Menjadi orang baik saja tidak cukup,kita harus berjuang hidup benar

Menjadi orang baik,siapa yang tidak ingin?
Saya rasa semua orang ingin menjadi orang yang baik,karena itu banyak diantara kita berlomba-lomba untuk terlihat baik,dari niat yang tulus ataupun dari niat yang mempunyai kepentingan tertentu.

Semua yang telah terjadi dalam kehidupan ini selalu diawali dengan niat,ketika seseorang mempunyai niat maka tindakan akan mengikuti.

Pahamilah bahwa menjadi orang baik saja tidak cukup tetapi kita juga harus berjuang untuk hidup benar.
Maksudnya bagaimana?
Begini,banyak diantara kita memiliki tujuan baik,merasa segala sesuatu yang telah kita kerjakan untuk tujuan baik,tapi kita juga sering lupa bahwa tujuan baik saja tidak cukup,kita juga harus memperhatikan cara kita untuk mengerjakan tujuan baik tersebut.
Karena sering sekali manusia menganggap tujuannya baik dan benar tetapi mengabaikan cara benar meraih tujuan tersebut atau menghalalkan segala cara.

Contoh,seorang ayah yang mempunyai anak kecil dan istri yang setia tiba-tiba karena sebuah keadaan tertentu mereka sedang kesulitan ekonomi,karena tiba-tiba anaknya sakit dan harus dibawa ke rumah sakit,sementara mereka tidak mempunyai jaminan kesehatan dan butuh uang untuk berobat.
Dalam waktu yang bersamaan ayah anak tersebut adalah seorang bendahara di perusahaan tempat dia bekerja.
Nah disinilah ujian antara kebaikan dan kebenaran dipertemukan.
Satu sisi dia butuh uang untuk berobat anaknya,sementara dia tidak punya uang secara pribadi dan hanya ada uang operasional perusahaan.
Jika ayah ini akhirnya mengambil uang perusahaan untuk berobat anaknya,tentu saja istri dan pemilik perusahaan tempat dia bekerja tidak tahu perbuatan tersebut.
Bagi orang yang tidak tahu cara ayah tersebut memperoleh uang untuk berobat anaknya,perbuatan ayah tersebut dipandang baik oleh mereka,karena ayah tersebut segera membawa anaknya ke rumah sakit,tapi bisakah anda melihat itu sebagai kebenaran?

Tentu saja tidak teman.
Cara ayah tersebut yang salah,karena memakai uang orang lain,kecuali dia izin kepada pemiliknya dan pemiliknya mengizinkan.
Dalam hidup ini mungkin kita sering terjebak pada masalah yang mirip seperti ini,satu sisi anda sepertinya sedang mengerjakan kebaikan tetapi sering lupa bahwa cara yang kita gunakan juga harus benar.
Ingatlah selalu menjadi orang baik itu mulia teman,tetapi tanpa kebenaran semua itu sebenarnya hanya sebuah kepalsuan karena yang pertama menjadi standar kita sebagai manusia yang percaya Tuhan adalah kebenaran.

Kesimpulannya,jadilah manusia yang selalu baik kepada sesama,tapi ingatlah kita juga harus berjuang hidup benar,pakailah cara-cara yang beretika dan benar untuk meraih semua tujuanmu,karena bagi Tuhan tujuan baikmu saja tidak cukup,Tuhan juga melihat caramu untuk mencapai tujuan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar