Cara mengambil keputusan dengan tepat

Sebagai manusia tentu setiap hari kita diperhadapkan dengan keputusan-keputusan yang harus kita ambil dalam setiap kejadian hidup ini,terkadang keputusan yang harus kita ambil begitu sulit,karena mengandung banyak dampak yang akan terjadi jika kita salah mengambil keputusan.

Tapi bukan berarti kita menjadi takut mengambil sebuah keputusan,karena hidup adalah sebuah pilihan,jadi kita harus berdiri tegak dan siap membayar harga atas setiap keputusan yang kita ambil.

Risiko adalah suatu keharusan atas setiap keputusan,tetapi meminimalkan risiko itu wajib,melihat kemampuan kita sendiri juga hal yang penting,jangan sampai kita mengambil keputusan yang tidak mampu kita tanggung risikonya,itu sama saja kita sedang melukai tubuh sendiri dengan pisau.
Saya sendiri sering diperhadapkan pada pilihan-pilihan sulit dalam hidup,bahkan sampai hari ini saya menulis,saya masih harus mengambil keputusan-keputusan sulit.
Tetapi yang menjadi kompas bagi diri saya adalah saya harus menemukan manfaat terpenting dari setiap keputusan yang saya ambil,kemudian saya melihat kemungkinan risiko yang akan terjadi dan setelah menimbang-nimbang dengan perasaan dan logika saya akan segera ambil keputusan yang saya rasa terbaik.


Perlu saya akui,saya sendiri sering  kali masih salah dalam mengambil keputusan,karena memang banyak faktor yang bisa membuat kita salah mengambil keputusan,beberapa faktor yang membuat kita salah mengambil keputusan biasanya seperti keegoisan kita,rasa malas,kelelahan,banyak pikiran dan sebagainya yang mirip dengan itu.
Saya sendiri hanya bisa memberikan pengalaman saya pribadi bagaimana cara mengambil keputusan dengan tepat,yaitu keputusan yang diambil ketika kita sedang tenang,perasaan bahagia hadir dan lebih lagi saat kita sedang berdoa atau bershukur.
Pengalaman saya keputusan yang diambil ketika perasaan kita sedang baik akan menghasilkan keputusan terbaik,begitu juga sebaliknya.
Jangan sampai kita mengambil keputusan saat sedang stres atau pikiran kacau,keputusan yang diambil saat kita sedang gelisah akan membuat hasil keputusan tersebut mengandung keegoisan yang akhirnya berisiko tinggi.

Akhirnya saya bisa menyimpulkan bahwa perasaan hati kita menentukan keputusan kita,penting bagi kita menguasai perasaan hati,sebagaimana ajaran guru saya "jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar