Sunday, April 14, 2013

Akibat ketika emosi mengalahkan logika

Menyesal itu yang biasa manusia alami ketika sesuatu yang tidak dia harapkan terjadi dalam hidupnya,sementara semua itu terjadi karena pilihan mereka sendiri,mereka memilih sebab yang buruk sehingga akibatnya juga buruk.
Ketika seseorang mengalami sebuah tekanan dalam hidup maka dengan segera kebanyakan dari mereka adalah tidak dapat mengendalikan emosi yang terbentuk di pikiran dan hati mereka,lalu dengan segera berubah menjadi tindakan yang destruktif atau tidak harmonis,kemudian akibat dari tindakan itu segera terwujud seperti munculnya masalah baru yang lebih besar alih-alih jalan keluar.

Semua ini terjadi dalam banyak hal dikehidupan ini,ketika masalah kecil datang dengan segera orang itu putus asa,kemudian untuk menghindari masalah,mereka memilih pergi untuk bersenang-senang dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mabuk minuman keras,narkoba dan juga sex bebas.
Inilah yang saya sebut akibat ketika emosi mengalahkan logika,akal sehat mereka tertutup oleh emosi yang tidak terkontrol,apa buktinya?
Ketika emosi sedang terkendali,mereka bisa berpikir bahwa narkoba itu merugikan,sex bebas itu berisiko penyakit kelamin,mabuk minuman keras berisiko jantung dan stroke,kemudian kenapa ketika emosi tidak terkontrol semua hal buruk itu menjadi pilihan pertama dan dengan cepat mereka akan melakukannya?

Dari sini sangat jelas perlunya manusia melatih pengendalian diri dengan disiplin tinggi,karena dengan jelas ketika pikiran manusia diarahkan pada sesuatu hal dengan emosi tinggi maka tubuh secara otomatis akan tergerak untuk berusaha mewujudkannya,bagaimanapun caranya.
Apakah anda pernah mendengar hukum tarik-menarik yang sempat heboh sebagai referensi untuk diajarkan di dunia pengembangan diri?
Jujur secara pribadi hukum tersebut memang terbukti,saya ingin menjelaskan hal ini secara jelas dengan kenyataan yang ada,pernahkah anda mengalami,ketika anda ingin sekali minum kopi,maka anda akan segera membuat kopi di dapur,jika tidak ada di dapur anda pasti akan pergi ke toko membelinya,dan jika tidak punya uang,secara tiba-tiba teman anda datang sambil membawa kopi sachet ditangannya,inilah proses hukum tarik-menarik tersebut.
Hal ini sama prosesnya ketika anda menginginkan kesehatan,kekayaan,atau lainnya,anda cukup dengan memikirkannya dengan emosi yang besar,juga sebaliknya.

Masalahnya manusia tidak sepenuhnya menyadari hal ini,justru manusia menjadi korban hukum ini,dengan memikirkan hal negatif,ketakutan dan kecemasan,mereka secara sadar atau tidak sadar sudah menarik semual hal buruk itu sendiri,terlebih mereka memikirkannya dengan emosi besar sehingga akal sehat mereka sepenuhnya tertutup.
Inilah yang membuat manusia tega membunuh sesamanya dengan cara seperti binatang,merampas hak orang lain dan segala keburukan lainnya,inilah yang membuat anda mengalami masalah besar atau kecil dalam hidup anda.
Melalui hukum inilah,pilihan telah anda buat,anda yang menciptakan setiap kondisi baik atau buruk dalam hidup anda,tidak ada yang bisa disalahkan,bukan kesalahan orang lain,bukan kesalahan alam,bukan kesalahan Tuhan,tetapi anda sendiri.

Jadi sekarang jelas emosi tidak boleh mengalahkan logika,emosi boleh sangat besar,tetapi harus diimbangi dengan akal sehat atau logika yang besar juga,pikiran harus diarahkan hanya ke hal-hal yang ingin anda wujudkan dalam hidup anda,berhenti memikirkan hal-hal yang tidak anda butuhkan,karena apa yang anda takutkan itulah yang akan terjadi.

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post